Breaking News
recent

Visa on arrival dan pembayaran e-Visa bisa online

Visa on arrival dan pembayaran e-Visa bisa online 

 

simonarodano - Juru Bicara Kepala Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana mengatakan, pihaknya sudah mulai menerapkan sistem elektronik Visa on Arrival (e-VoA) dan e-Visa online (payment gateway).

 

Kebijakan ini sesuai dengan keluarnya Peraturan No. 157/PMK.02/2022 oleh Kementerian Keuangan yang mengatur pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. efektif 4 November 2022. “Payment gateway ini merupakan upaya bersama untuk memberikan kemudahan pelayanan keimigrasian dan mendukung iklim investasi negara,” kata Widodo seperti dilansir Immigration.go.id, Minggu (6/11/2022).

 

1. Gerbang pembayaran resmi adalah sistem pembayaran visa, baik e-VoA maupun e-Visa 

 

Widodo menjelaskan, amandemen diperkenalkan pada payment gateway sebagai metode pembayaran Visa, baik e-VoA maupun e-Visa setelah pembayaran pertama hanya dapat dibayar dengan kode billing dan mata uang untuk VoA.

 

Gateway pembayaran adalah sistem yang membaca dan mentransfer informasi pembayaran pelanggan ke rekening bank penyedia. Sistem akan memasukkan data, memastikan ketersediaan dan membayar.

 

“Payment gateway ini untuk pembayaran visa. Yang mungkin sekarang adalah pembayaran dengan kartu kredit dan debit, mastercard, visa dan JCB,” tambahnya.

 

2. Sistem baru ini dapat membuka potensi pariwisata dan ekonomi yang besar 

 

Ia optimistis proses ini akan membuka potensi pariwisata dan ekonomi di Indonesia dan menjadi faktor penting bagi inovasi pelayanan publik Ditjen Imigrasi.

 

Proses pembayaran diperkirakan akan dimulai pada Rabu (11/09/2022) dengan diperkenalkannya e-VoA oleh Menteri Kelautan dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. 


3. Bisa membatalkan visa on arrival dan bayar antre di loket bank 

 

Terakhir, diyakini kebijakan tersebut berdampak pada perekonomian dan sektor pariwisata, termasuk mendukung kesepakatan perdagangan internasional dan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru. “Penerapan metode pembayaran dalam sistem visa ini bertujuan untuk memutus antrian pembayaran visa on arrival di bank,” imbuhnya.

Diberdayakan oleh Blogger.